Pages

Saturday, April 4, 2009

Some Dream

Masih inget keinginan tiba-tiba gw untuk masuk departemen pertanian. Ternyata ide itu masih bersemayam di antara relung-relung pikiran gw. Kalau seandainya beneran masuk dan mendapatkan posisi yang gw inginkan. Rencana 4 tahun gw adalah :


Tahun pertama :
- membuat aplikasi yang mendata pergerakan harga bahan pertanian
- membuat aplikasi logistik, sehingga pergerakan produk pertanian bisa di track. Mulai dari petani, distributor, pembeli dan kalo bisa sampai ke pengguna.
- aplikasi untuk mentrack distribusi pupuk
- membuat infrastruktur IT di setiap cabang yang terhubung dengan database pusat.

Tahun kedua :
- menghubungkan koperasi-koperasi pertanian dengan jaringan DepTan. Para petani itu tidak harus melek IT, tapi DepTan harus bisa mendukung mereka dengan IT yang paling canggih. Sekaligus memberikan keuntungan bagi mereka yang menjual hasil pertaniannya ke koperasi.
- keliling indonesia untuk melihat pertaninan di indonesia dan bagaimana untuk bisa lebih membantu mereka dengan IT
- membuat aplikasi database plasma nutfah dan riset paper tentang kekayaan alam di indonesia
- Knowledge base tentang pertanian, hama dan cuaca

Tahun ketiga :
- memindahkan aplikasi2 yang ada di DepTan ke arah SOA yang bisa di akses oleh departemen lain / dijual jika perlu
- mempersiapkan datawarehouse bagi data2 yang telah dikumpulkan 2 tahun ini
- Smart card access bagi para petani yang sudah melek IT, penyuluhan2 ke desa2 tentang IT

Tahun keempat :
- aplikasi intelejen yang mengkorelasikan iklim dengan hasil panen
- aplikasi2 penunjang riset
- geo map pertanian indonesia

Ini semua ingin gw buat karena menurut gw aset utama yang dimiliki negara ini dan tidak bisa ditiru negara maju manapun , adalah tanah dan air-nya. Oleh karena itu , gw ingin memajukannya sebagai mana vietnam berhasil menjadi pengekspor beras terbesar didunia. Dan karena gw hanya mengerti IT, maka satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menjadi pendukung terbaik dunia pertanian indonesia.

Nah, andai saja bapak Anton membaca blog ini, mungkin saja impian gw ini terwujud :D

No comments: