Pages

Friday, September 5, 2008

A perfect match

Untuk kerjaan iseng-iseng gw dirumah, gw lagi coba-coba mem-persistance-kan data aplikasi gw dengan menggunakan Java Serialization API Just for the sake of Learning It:P Tapi ternyata walaupun mudah, serialization memiliki banyak batasan. Gak flexible terhadap perubahan struktur data, dan yang lebih penting, susah diedit dari luar program.So i guess back to xml. Tapi gw gak mau pake library xml yang biasa gw pake. Karena kebutuhannya sebetulnya simple aja. Bisa serialize/deserialize object ke xml and write to file, gak butuh yang canggih2.

Sempet ngeliat2 xml beans, soalnya direkomendasi banyak orang. Tapi setelah baca-baca doc and tutorialnya, mulai patah arang dan berpikir untuk bikin sendiri aja.

Itu pikiran gw beberapa hari yang lalu. Hari ini ada sedikit waktu luang, dan googling lagi sebentar dan ketemu simple. Thank god for a good refined query :P

Simple adalah semua yang gw inginkan, and even more :
- sederhana
- besar library + dependencies < 1 Mega
- cepat dipelajari, less than 15 minutes udah bisa masuk ke mode production:P thanks to tutorial yang tidak berbelit-belit
- pake annotation, jadi code lebih clean
- dan ternyata yang paling bikin gw seneng, pake stax (streaming api for xml) so its gonna be fast :D

kelemahannya karena pake annotation jadi harus pake java 5 ke atas. Tapi ini sepadan dengan performance gain yang didapat di java 5.

Simply said, its Simple and Amazing :D Bakal jadi pilihan pertama gw nih untuk hal-hal yang tidak membutuhkan schema and code generation. Yay.. \(^-^)/

No comments: