Pages

Saturday, January 2, 2010

First Draft

Selama ini terkadang karena terlalu ingin membuat tulisan yang terstruktur dengan bagus, akhirnya karena terlalu memperhatikan punctuation, penggunaan bahasa, flow dari tulisan, kata yang selalu dipakai berulang-ulang. Akhirnya ide yang ingin dituliskan menjadi terhambat, dan terkadang malah lupa sama sekali.

Gw sudah menyadari ada sedikit gap antara ide yang ada di otak gw dengan kemampuan untuk menyalurkannya agar orang lain dapat mengerti. Tadinya gw pikir dengan belajar menulis lama-lama gap itu akan menghilang dengan sendirinya. Dari dulu soalnya gw punya pemikiran, writing is a skill that can be mastered. Tapi sepertinya di awal tahun ini gw mulai mengerti sesuatu. Dan mulai menerima, ternyata begitulah cara otak gw bekerja, tidak terstruktur. Saat menuangkan satu ide, ternyata bisa berkembang terus yang kadang-kadang kaitannya tidak terlihat langsung. Tetapi butuh waktu memahami dan meletakkan ke dalam alur yang sesuai.

Terkait dengan hal itu, agar lebih mendorong otak gw supaya lebih kreatif memunculkan ide dan pemikiran. Salah satu jalannya adalah dengan tidak menghentikan flow atau mood yang ada. Sehingga mulai saat ini, jika lu melihat tanda ~FD di akhir post. Ttu tandanya tulisan itu adalah First Draft, hasil pemikiran yang benar-benar fresh dari kepala gw. Tanpa sensor tanpa editor yang memperhatikan kebenaran penggunaan kata2 dan tanda baca. Mungkin suatu hari gw akan mengedit tulisan tersebut menjadi lebih terstruktur dan lebih mudah dibaca, mungkin juga tidak. Berawal dari hari ini, my Brain is the King :)

~Cherio
~FD

No comments: