Pages

Saturday, January 2, 2010

Start up - part 2

Sebetulnya pemikiran ini sama munculnya dengan saat gw menulis mengenai start-up. Tapi sengaja dipisah supaya lebih menarik dibaca, gak bingungin , karena domainnya sedikit berbeda.

Pertanyaan yang muncul adalah apakah yang membedakan start up di silicon valey dengan start up di indonesia ?

Berdasarkan pemikiran gw, ternyata cukup banyak. Yang paling mendasar adalah perbedaan negara dan masyarakatnya. Di amerika, karena negara maju yang sudah mapan. Maka kebanyakan motivasi yang muncul adalah dari mewujudkan sebuah ide kreatif. Sedangkan kalau di indonesia karena negara berkembang yang masih belum menemukan kestabilan, maka kebanyakan motivasinya adalah bagaimana menciptakan sebuah killer app yang akan membuat mereka menjadi milyuner !

Kemudian kemasalah teknologi. Karena inovasi teknologi rata-rata muncul dari amerika. Maka sebagian besar start-up berusaha untuk membuat sebuah teknologi yang belum ada sebelumnya, atau setidaknya meng-upgrade kemampuan teknologi itu dengan membuat sebuah inovasi unik. Sedangkan di indonesia, untuk menerapkan teknologi maju saja Human Resource-nya terbatas, apalagi membuat sebuah inovasi yang benar-benar baru. Makanya sebagian besar start-up bergerak di bidang implementasi teknologi, atau how to moneytize that technology to the indonesian domain.

Selanjutnya, di Amerika, mereka paham dari awal membuat start up, kalau ide mereka cukup menarik, teknologi yang dihasilkan bagus, mereka akan mendapat pembiayaan dan reward finansial yang sepadan terhadap usahanya. Di indonesia, kalau start up membuat sebuah teknologi yang inovatif, biasanya mereka juga harus ikut memikirkan bagaimana cara memasarkannya. Dan biasanya juga dihantui dengan sebuah ketakutan. Kalau teknologinya terlalu canggih, malah tidak bisa dipakai dan tidak laku di indonesia.

Mulai kelihatan kan pola perbedaannya. Kalau saja kita bisa mensimulai beberapa komponen pendukung environment ini. Mungkin saja tidak sekedar sebuah environment start up yang bagus yang akan hadir. Tetapi kemampuan sesungguhnya dari bangsa indonesia untuk bermain di kancah dunia. Okay, mulai jadi orang indonesia yang harus punya grand goals. Gak penting, lebih penting small ideas yang berhasil diwujudkan :P

Jadi terpikir, asal bisa mendukung satu startup untuk menjadi succes story. Lalu mengadakan pertemuan-pertemuan rutin untuk menginspirasi orang-orang lain. Mungkinkah jadi sebuah awal ?

oh yah, ternyata reddit punya tampilan yang lebih bagus di http://redditall.com/

~FD

No comments: