Pages

Saturday, January 2, 2010

Start up

Bagi yang tidak tahu Alexis Ohanian, dia adalah salah seorang pendiri reddit. Salah satu startup dan perusahaan web 2.0. Sebetulnya gw juga gak tahu nama dia, sampai melihat salah satu presentasi dia di TED.com

Orang ini tahu bagaimana cara membuat presentasi yang bagus, singkat, padat, mengena dan yang paling penting, tidak membosankan. Jadilah gw sedikit googling tentang dia dan menemukan salah satu cerita mengenai presentasi dia di startup school. Salah satu ajang pertemuan start up yang di sponsori Y Combinator salah satu Venture Capital yang terkenal di silicon valley.

Sayangnya gw tidak menemukan video presentasi dia disana, melihat slide-nya saja tidak cukup. Karena cara dia membawakan presentasinya lah yang membuat orang-orang tertarik. Apalagi kalau dilihat dari komentar yang ada, sensasi yang ditinggalkan presentasinya mengingatkan bagaimana menyenangkan menciptakan sebuah startup. Penjelasah lebih detilnya bisa dilihat di link ke particletree.com :)

Kalau efek dari perasaan ini dibawa ke pemikiran mengenai start-up di indonesia. Jadi terpikir, mengapa tidak banyak start-up di indonesia ? Yea-yea, banyak alasan seperti regulasi, korupsi, environment, timbal balik yang tidak sepadan, bla-bla. Tapi satu hal yang menurut gw sebenarnya bisa menjadi katalisator, tetapi saat ini belum ada di indonesia.

Start-up butuh inspirasi, mereka butuh success story. Mendengar cerita dari orang-orang yang menjalaninya. Diingatkan mengenai betapa menyenangkannya ketika berhasil mewujudkan sebuah ide yang ada dipikiran lu. Orang-orang perlu di yakinkan, bukan dengan imbalan uang, bukan dengan perhitungan matang mengenai resiko dan reward yang bakal didapat. Tetapi dengan sebuah lingkungan, komunitas yang bisa berbagi cerita dan mengingatkan tentang menyenangkannya mewujudkan sebuah ide.

No comments: